10++ Kelainan Sistem Peredaran Darah Manusia

Kenji

Sistem peredaran darah manusia merupakan komponen penting dalam menjaga kelangsungan hidup manusia. Peredaran darah yang baik memastikan oksigen dan nutrisi terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Namun, ada beberapa kelainan yang dapat terjadi dalam sistem peredaran darah manusia. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10++ kelainan sistem peredaran darah manusia yang perlu Anda ketahui.

1. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyakit yang ditandai oleh penumpukan plak pada dinding arteri. Plak ini terdiri dari kolesterol, lemak, sel darah, dan serat. Penyakit ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan mengganggu aliran darah yang lancar. Aterosklerosis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

2. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Jika tekanan darah terlalu tinggi, dapat merusak dinding arteri dan memicu masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung dan stroke. Hipertensi dapat dikendalikan dengan pola makan sehat, olahraga teratur, menghindari stres, dan mengurangi konsumsi garam.

3. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke otot jantung mengalami penyumbatan. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri dada, sesak napas, serangan jantung, atau bahkan kematian. Faktor risiko penyakit jantung koroner meliputi merokok, diabetes, obesitas, dan riwayat keluarga.

Bagikan:

Tags