11 Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

Kenji

Dalam dunia tumbuhan, bunga memiliki peran penting dalam proses reproduksi dan juga menjadi daya tarik bagi manusia. Namun, banyak orang yang belum mengetahui tentang berbagai bagian-bagian bunga dan fungsinya. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi 11 bagian-bagian bunga yang berbeda dan fungsinya masing-masing.

1. Mahkota Bunga (Corolla)

Mahkota bunga adalah bagian yang paling mencolok dari bunga. Biasanya terdiri dari daun bunga yang berwarna-warni dan berfungsi sebagai alat untuk menarik serangga penyerbuk. Mahkota bunga juga berperan dalam memberikan perlindungan terhadap organ reproduksi bunga yang lebih penting.

2. Benang Sari (Stamen)

Benang sari adalah bagian bunga yang menghasilkan serbuk sari atau pollen. Bagian ini terdiri dari tangkai benang sari dan kepala sari yang berisi serbuk sari. Serbuk sari ini akan dibawa oleh serangga penyerbuk atau angin ke putik bunga untuk proses pembuahan.

3. Putik Bunga (Pistil)

Putik bunga adalah organ betina dalam bunga yang terdiri dari tangkai putik, kepala putik, dan ovarium. Ovarium berperan dalam menghasilkan sel telur, sementara tangkai putik berfungsi sebagai saluran bagi serbuk sari menuju ovarium. Kepala putik berfungsi sebagai penerima serbuk sari.

Bagikan:

Tags