20 Sifat Limit Tak Hingga Fungsi Aljabar & Trigonometri

Kenji

Dalam matematika, limit tak hingga merupakan konsep yang sangat penting dalam analisis matematika. Limit tak hingga menggambarkan perilaku suatu fungsi saat variabel inputnya mendekati nilai tak hingga atau minus tak hingga. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 20 sifat limit tak hingga fungsi aljabar dan trigonometri yang akan membantu kita memahami konsep ini dengan lebih baik.

1. Batasan Positif dan Negatif

Sifat pertama dari limit tak hingga adalah pemisahan antara batasan positif dan batasan negatif. Ketika variabel input mendekati nilai tak hingga positif, fungsi yang memiliki limit tak hingga positif cenderung meningkat tanpa batas. Contohnya adalah fungsi f(x) = x^2, ketika x mendekati tak hingga positif, nilai f(x) juga akan mendekati tak hingga positif.

Sebaliknya, ketika variabel input mendekati nilai tak hingga negatif, fungsi yang memiliki limit tak hingga negatif cenderung menurun tanpa batas. Contohnya adalah fungsi f(x) = -x^2, ketika x mendekati tak hingga negatif, nilai f(x) juga akan mendekati tak hingga negatif.

2. Limit Tak Hingga Pada Fungsi Linier

Sifat kedua dari limit tak hingga adalah pada fungsi linier. Fungsi linier memiliki bentuk umum f(x) = mx + b, di mana m adalah kemiringan garis dan b adalah perpotongan sumbu y. Ketika variabel input mendekati tak hingga positif atau tak hingga negatif, limit tak hingga dari fungsi linier akan mengikuti kemiringan garis. Jika m > 0, limit tak hingga positif, jika m < 0, limit tak hingga negatif.

Bagikan:

Tags