3 Jenis Ikatan Kimia (Ion, Kovalen, dan Logam)

Kenji

Ikatan kimia adalah interaksi antara atom atau molekul yang menjadi dasar pembentukan senyawa kimia. Dalam ilmu kimia, terdapat tiga jenis ikatan kimia utama yang penting untuk dipahami, yaitu ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam. Setiap jenis ikatan kimia memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda, yang mempengaruhi sifat-sifat senyawa yang terbentuk. Dalam artikel ini, kita akan membahas masing-masing jenis ikatan kimia secara detail.

1. Ikatan Ion

Ikatan ion terjadi ketika atom atau molekul dengan muatan listrik yang berbeda saling menarik satu sama lain. Dalam ikatan ini, atom atau molekul yang kehilangan elektron akan membentuk ion positif (kation), sedangkan atom atau molekul yang mendapatkan elektron akan membentuk ion negatif (anion). Interaksi elektrostatik antara ion positif dan ion negatif inilah yang menyebabkan terbentuknya ikatan ion.

Contoh paling umum dari ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk antara logam dan non-logam. Misalnya, dalam senyawa natrium klorida (NaCl), atom natrium kehilangan satu elektron dan membentuk kation Na+, sedangkan atom klorin mendapatkan satu elektron dan membentuk anion Cl-. Kation Na+ dan anion Cl- saling tertarik satu sama lain dan membentuk ikatan ion, sehingga membentuk senyawa garam yang stabil.

Beberapa sifat dari senyawa yang terbentuk melalui ikatan ion adalah:

Bagikan:

Tags