3 Jenis Pergerakan Lempeng Tektonik Bumi

Kenji

Lempeng tektonik adalah bagian dari kerak Bumi yang bergerak secara perlahan-lahan. Pergerakan lempeng tektonik merupakan salah satu penyebab terjadinya gempa bumi, gunung berapi, dan pembentukan pegunungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tiga jenis pergerakan lempeng tektonik yang terjadi di Bumi.

1. Pergerakan Lempeng Divergen

Pergerakan lempeng divergen terjadi ketika dua lempeng tektonik bergerak menjauh satu sama lain. Pada saat ini, magma dari mantel bumi naik ke permukaan dan membentuk kerak baru di antara dua lempeng yang bergerak menjauh. Proses ini terjadi di dasar samudra dan membentuk apa yang disebut dengan batas divergen samudra.

Contoh pergerakan lempeng divergen yang terkenal adalah Rift Valley di Afrika Timur. Di sana, lempeng tektonik Afrika dan Arab bergerak menjauh satu sama lain, membentuk celah besar yang terlihat dari udara. Dalam jangka panjang, celah ini akan menjadi lautan baru jika pergerakan lempeng terus berlanjut.

Pergerakan lempeng divergen juga terjadi di bawah laut, yaitu di punggungan tengah samudra. Pada punggungan tengah ini, magma naik ke permukaan dan membentuk kerak baru, sehingga memperluas dasar laut.

Bagikan:

Tags