Macam-macam Gerhana Matahari: Total, Sebagian, dan Cincin

Kenji

Gerhana matahari adalah fenomena langit yang memukau dan menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Saat gerhana matahari terjadi, bulan bergerak di antara matahari dan bumi, menyebabkan bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi. Ada tiga jenis gerhana matahari yang dapat terjadi: gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan sepenuhnya menutupi matahari. Ini adalah jenis gerhana matahari yang paling spektakuler dan langka. Selama gerhana matahari total, langit menjadi gelap dan hanya cahaya korona matahari yang terlihat di sekitar bayangan bulan. Gerhana matahari total terjadi hanya di wilayah kecil di permukaan bumi, dan orang-orang yang berada di wilayah tersebut dapat mengamati fenomena yang luar biasa ini.

Sebagai contoh, pada 21 Agustus 2017, gerhana matahari total terjadi di beberapa bagian Amerika Serikat. Jutaan orang melakukan perjalanan ke jalur gerhana yang sempit untuk melihat fenomena langka ini. Gerhana matahari total juga telah menjadi sumber penelitian ilmiah yang penting, karena selama gerhana, para ilmuwan dapat mempelajari korona matahari yang biasanya terlindungi oleh cahaya terang matahari.

2. Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian terjadi ketika bulan hanya menutupi sebagian kecil matahari. Selama gerhana matahari sebagian, sebagian cahaya matahari masih terlihat di permukaan bumi. Fenomena ini bisa diamati di wilayah yang lebih luas daripada gerhana matahari total.

Bagikan:

Tags