4 Bentuk Irisan Kerucut (Lingkaran, Elips, Parabola, Hiperbola)

Kenji

Bagaimana Anda dapat menggambarkan bentuk irisan kerucut? Apakah Anda pernah mendengar tentang lingkaran, elips, parabola, dan hiperbola? Bentuk-bentuk ini adalah hasil irisan kerucut yang menarik dan memiliki berbagai aplikasi dalam matematika, fisika, dan dunia nyata.

Irisan Kerucut

Irisan kerucut terjadi ketika sebuah bidang memotong kerucut. Jika bidang tersebut tegak lurus terhadap sumbu kerucut, irisan yang dihasilkan adalah lingkaran. Namun, jika bidangnya miring terhadap sumbu, irisan kerucut dapat menghasilkan elips, parabola, atau hiperbola.

Lingkaran

Lingkaran adalah irisan kerucut yang paling sederhana. Ini terjadi ketika bidang memotong kerucut tegak lurus terhadap sumbu kerucut. Lingkaran memiliki bentuk yang bulat dan simetris. Setiap titik pada lingkaran berjarak sama dari pusatnya. Rumus umum untuk menghitung keliling lingkaran adalah K = 2πr dan luasnya adalah A = πr^2, di mana r adalah jari-jari lingkaran.

Contoh penerapan lingkaran adalah dalam bangunan seperti stadion atau arena. Banyak stadion memiliki bentuk lingkaran di bagian atas atapnya. Bentuk lingkaran mengoptimalkan distribusi beban dan memberikan kekuatan struktural yang baik.

Bagikan:

Tags