4 Rumus Teori Relativitas Khusus oleh Einstein

Kenji

Teori Relativitas Khusus adalah salah satu teori paling revolusioner dalam fisika modern. Dikembangkan oleh fisikawan Albert Einstein pada awal abad ke-20, teori ini mengubah cara kita memahami ruang, waktu, dan hubungan antara massa dan energi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi empat rumus kunci dalam Teori Relativitas Khusus yang dikemukakan oleh Einstein.

1. Rumus Energi-Massa (E = mc²)

Rumus Energi-Massa E = mc² adalah salah satu rumus paling terkenal dalam fisika. Rumus ini mengungkapkan bahwa energi (E) suatu objek setara dengan massa (m) dikalikan dengan kecepatan cahaya dalam vakum (c) yang dikuadratkan. Rumus ini menyiratkan bahwa energi dan massa adalah bentuk yang berbeda dari hal yang sama, dan dapat saling berubah satu sama lain.

Contoh penggunaan rumus ini adalah dalam reaksi nuklir, di mana sejumlah massa diubah menjadi energi. Misalnya, dalam reaksi fisi nuklir, massa atom yang pecah berkurang dan energi yang besar dilepaskan. Rumus E = mc² juga penting dalam pemahaman kita tentang alam semesta, termasuk dalam konsep seperti lubang hitam di mana massa yang sangat padat menghasilkan energi yang besar.

2. Rumus Kecepatan Relatif (v = (v’ + u) / (1 + (v’ * u) / c²))

Rumus Kecepatan Relatif digunakan untuk menghitung kecepatan relatif antara dua benda yang bergerak relatif satu sama lain. Rumus ini didasarkan pada postulat bahwa kecepatan cahaya dalam vakum (c) adalah konstan dan tidak dapat dilewati. Dalam rumus ini, v adalah kecepatan relatif antara dua objek, v’ adalah kecepatan relatif antara dua objek dalam kerangka acuan yang berbeda, dan u adalah kecepatan salah satu objek dalam kerangka acuan yang sama.

Bagikan:

Tags