5 Horizon O A B C R Penyusun Profil Tanah

Kenji

Pendahuluan

Tanah adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Profil tanah, yang merupakan lapisan-lapisan yang membentuk tanah, memiliki peran penting dalam menentukan kesuburan tanah dan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Salah satu cara untuk memahami profil tanah adalah dengan mengidentifikasi dan mempelajari horizon-horizon penyusun profil tanah.

Pada artikel ini, kita akan membahas 5 horizon penyusun profil tanah yang umumnya dikenal sebagai horizon O, A, B, C, dan R. Setiap horizon memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi kualitas tanah. Mari kita lihat masing-masing horizon dengan lebih detail.

1. Horizon O (Horizon Organik)

Horizon O adalah lapisan atas dari profil tanah yang terdiri dari bahan organik yang belum terurai sepenuhnya. Bahan organik ini biasanya berupa serasah daun, ranting, dan bahan organik lain yang jatuh ke permukaan tanah dan mengalami dekomposisi. Horizon O seringkali memiliki warna gelap karena tingginya kandungan bahan organik.

Horizon O memiliki peran penting dalam penyediaan nutrisi bagi tanaman. Bahan organik yang terkandung di dalamnya mengandung banyak unsur hara yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dengan baik. Selain itu, horizon O juga berperan dalam meningkatkan kapasitas penyimpanan air tanah dan meningkatkan infiltrasi air ke dalam tanah.

Bagikan:

Tags