5 Tahapan pada Daur Hidup Obelia sp

Kenji

Obelia sp adalah sejenis hewan laut yang termasuk ke dalam filum Cnidaria. Hewan ini memiliki siklus hidup yang menarik dan terdiri dari beberapa tahapan yang menunjukkan adaptasi yang luar biasa dalam bertahan hidup. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima tahapan dalam daur hidup Obelia sp secara mendalam.

1. Tahap Pembuahan

Tahap pertama dalam daur hidup Obelia sp adalah tahap pembuahan. Pada tahap ini, sperma yang dihasilkan oleh individu jantan akan bertemu dengan sel telur yang dihasilkan oleh individu betina. Pertemuan antara sperma dan sel telur ini menghasilkan zigot, yang kemudian berkembang menjadi individu baru.

Tahap pembuahan ini biasanya terjadi di dalam koloni Obelia sp, yang terdiri dari banyak individu yang saling berhubungan. Koloni ini membantu dalam proses reproduksi dan bertindak sebagai tempat bertelur bagi individu betina.

2. Tahap Larva Planula

Setelah tahap pembuahan, zigot akan berkembang menjadi larva planula. Larva ini berbentuk seperti cacing dan memiliki cilium yang memungkinkan mereka bergerak dalam air. Larva planula ini akan melepaskan diri dari koloni dan mencari tempat yang cocok untuk menetap.

Bagikan:

Tags