7 Macam Hormon pada Tumbuhan dan Fungsinya

Kenji

Tumbuhan merupakan organisme yang kompleks dan memiliki berbagai mekanisme untuk bertahan hidup dan tumbuh dengan baik. Salah satu mekanisme penting dalam kehidupan tumbuhan adalah hormon tumbuhan. Hormon tumbuhan adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh tumbuhan dan berperan dalam mengatur berbagai proses fisiologis dalam tubuh tumbuhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh macam hormon pada tumbuhan dan fungsinya.

1. Auksin

Auksin adalah hormon tumbuhan yang paling umum dan berperan dalam banyak aspek pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Salah satu fungsi utama auksin adalah mengatur pertumbuhan dan perpanjangan batang serta akar. Auksin juga berperan dalam pembentukan dan pertumbuhan tunas, pembentukan akar lateral, serta pengaturan pembungaan dan pembuahan.

Contoh penggunaan auksin adalah dalam praktik pertanian, auksin sering digunakan untuk mempercepat pertumbuhan akar saat penanaman stek atau cangkokan tanaman. Auksin juga digunakan untuk mengatur pertumbuhan tanaman hias agar tumbuh lebih rimbun dan berakar dengan baik.

2. Sitokinin

Sitokinin adalah hormon tumbuhan yang berperan dalam merangsang pembelahan sel dan pertumbuhan jaringan. Hormon ini membantu dalam pembentukan kuncup, pertumbuhan tunas, dan pembelahan sel dalam akar. Sitokinin juga berperan dalam pengaturan pertumbuhan buah serta penghambatan penuaan pada tumbuhan.

Bagikan:

Tags