Aplikasi Turunan untuk Mencari Luas Maksimum dan Minimum

Kenji

Turunan adalah salah satu konsep utama dalam matematika yang digunakan untuk menghitung perubahan suatu fungsi. Turunan memiliki berbagai aplikasi dalam berbagai bidang, termasuk dalam mencari luas maksimum dan minimum suatu fungsi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi aplikasi turunan dalam mencari luas maksimum dan minimum, serta memberikan contoh dan penjelasan yang relevan.

Apa itu Turunan?

Sebelum kita membahas tentang aplikasi turunan dalam mencari luas maksimum dan minimum, penting untuk memahami apa itu turunan. Secara sederhana, turunan adalah perubahan laju suatu fungsi pada suatu titik. Turunan didefinisikan sebagai batas dari perbandingan perubahan nilai fungsi terhadap perubahan nilai inputnya, ketika perubahan nilai input mendekati nol. Turunan sering kali digunakan untuk menghitung kecepatan perubahan suatu fungsi pada suatu titik tertentu.

Mencari Luas Maksimum dan Minimum dengan Turunan

Sekarang, mari kita lihat bagaimana turunan dapat digunakan untuk mencari luas maksimum dan minimum suatu fungsi. Dalam matematika, luas maksimum dan minimum sering kali dihubungkan dengan grafik fungsi. Jika kita memiliki fungsi yang diberikan dalam bentuk grafik, kita dapat menggunakan turunan untuk menemukan titik-titik di mana fungsi mencapai luas maksimum atau minimum.

Untuk mencari luas maksimum atau minimum suatu fungsi, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

Bagikan:

Tags