Aturan Turunan: Teorema Fungsi Turunan

Kenji

Aturan turunan adalah kumpulan rumus dan teorema yang digunakan untuk menghitung turunan suatu fungsi matematika. Dalam kalkulus, turunan adalah alat yang sangat penting untuk mempelajari perubahan suatu fungsi dalam kaitannya dengan variabel independennya. Aturan turunan memungkinkan kita untuk menghitung turunan dengan lebih efisien dan akurat. Salah satu aturan turunan yang penting adalah teorema fungsi turunan.

Apa itu Teorema Fungsi Turunan?

Teorema fungsi turunan adalah sebuah aturan yang menyatakan bahwa jika dua fungsi memiliki turunan, maka turunan dari fungsi hasil operasi antara dua fungsi tersebut dapat dihitung berdasarkan aturan turunan yang telah ditentukan. Dalam matematika, terdapat beberapa teorema fungsi turunan yang umum digunakan, antara lain:

1. Aturan Penjumlahan

Aturan penjumlahan menyatakan bahwa jika f(x) dan g(x) adalah dua fungsi yang dapat diturunkan, maka turunan dari jumlah f(x) + g(x) dapat dihitung dengan menjumlahkan turunan f(x) dan turunan g(x). Dalam notasi matematika, aturan penjumlahan dapat dituliskan sebagai berikut:

f'(x) + g'(x) = (f + g)'(x)

Bagikan:

Tags