Bentuk Soal Diagram Venn pada TPS/TPA UTBK

Kenji

Diagram Venn adalah alat visual yang digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara himpunan-himpunan. Dalam Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA) UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) di Indonesia, bentuk soal diagram Venn sering digunakan untuk menguji kemampuan logika dan pemahaman konsep peserta tes.

Apa itu TPS/TPA UTBK?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bentuk soal diagram Venn pada TPS/TPA UTBK, penting untuk memahami apa itu TPS/TPA UTBK. TPS/TPA UTBK adalah salah satu komponen dalam seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia. Tes ini dirancang untuk mengukur potensi akademik dan skolastik calon mahasiswa.

TPS terdiri dari beberapa subtes, termasuk logika penalaran, analisis grafis, pemahaman bacaan, dan pengetahuan umum. TPA, di sisi lain, fokus pada kemampuan matematika dan kemampuan verbal.

Pengertian Diagram Venn

Diagram Venn adalah representasi visual dari himpunan-himpunan dan hubungan antara mereka. Diagram ini dibuat menggunakan lingkaran-lingkaran yang tumpang tindih, dengan setiap lingkaran mewakili himpunan tertentu. Bagian yang tumpang tindih dari lingkaran-lingkaran tersebut mewakili elemen-elemen yang ada dalam kedua himpunan.

Bagikan:

Tags