Cara Hitung ΔH pada Diagram Perubahan Entalpi Reaksi

Kenji

Perubahan entalpi reaksi adalah salah satu konsep penting dalam kimia fisik yang digunakan untuk mengukur perubahan energi panas yang terjadi selama reaksi kimia. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung ΔH (perubahan entalpi) menggunakan diagram perubahan entalpi reaksi. Mari kita bahas lebih lanjut!

Apa itu perubahan entalpi?

Perubahan entalpi (ΔH) adalah perbedaan antara entalpi awal dan entalpi akhir dalam suatu sistem. Entalpi merupakan fungsi termodinamika yang mengukur jumlah panas yang dilepaskan atau diserap selama reaksi kimia pada tekanan konstan. Jika nilai ΔH positif, maka reaksi adalah endotermik (membutuhkan energi), sedangkan jika nilai ΔH negatif, maka reaksi adalah eksotermik (melepaskan energi).

Diagram perubahan entalpi reaksi

Diagram perubahan entalpi reaksi adalah representasi grafis dari perubahan entalpi suatu reaksi kimia. Diagram ini digunakan untuk memvisualisasikan perubahan energi panas yang terjadi selama reaksi dan memberikan informasi tentang entalpi awal dan akhir reaksi.

Pada diagram perubahan entalpi reaksi, sumbu vertikal (y) merupakan entalpi dan sumbu horizontal (x) merupakan reaksi. Garis horizontal pada sumbu entalpi menunjukkan entalpi awal dan akhir reaksi, sedangkan garis miring yang menghubungkan kedua garis horizontal tersebut menunjukkan perubahan entalpi (ΔH).

Bagikan:

Tags