Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep pada Lengan Atas

Kenji

Otot lengan atas terdiri dari beberapa otot yang bekerja bersama-sama untuk memberikan kekuatan dan gerakan pada tangan dan lengan. Dua otot yang paling terkenal dan berperan penting dalam lengan atas adalah otot bisep dan trisep. Keduanya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda, namun keduanya sangat penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kita. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang cara kerja otot bisep dan trisep pada lengan atas.

1. Anatomi Otot Bisep

Otot bisep adalah otot yang terletak di bagian depan lengan atas. Otot ini terdiri dari dua kepala, yaitu kepala panjang (long head) dan kepala pendek (short head). Kedua kepala ini bersatu di pangkal lengan atas dan melekat pada tulang belikat (scapula).

Otot bisep adalah otot yang fleksibel, yang berarti otot ini mampu merenggang dan mengencang untuk menghasilkan gerakan pada sendi siku. Otot bisep bekerja sebagai penggerak utama dalam beberapa gerakan seperti membungkuk (flexion) lengan, mengangkat benda (lifting), atau membawa sesuatu ke arah tubuh.

Contoh gerakan yang melibatkan otot bisep adalah mengangkat barbel, melakukan push-up, atau membuka pintu dengan kekuatan tangan. Otot bisep juga berperan dalam menjaga postur tubuh dan menjaga keseimbangan otot-otot lengan atas dengan otot-otot yang berlawanan.

Bagikan:

Tags