Cara Mengerjakan Statistik Deskriptif dengan Google Sheets

Kenji

Statistik deskriptif merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis data secara kuantitatif. Dalam statistik deskriptif, data dianalisis dan diinterpretasikan untuk memberikan informasi yang berguna tentang karakteristik suatu variabel atau kumpulan data. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengerjakan statistik deskriptif menggunakan Google Sheets, sebuah aplikasi spreadsheet yang populer dan mudah digunakan.

Pengenalan Google Sheets

Google Sheets adalah aplikasi spreadsheet yang disediakan oleh Google sebagai bagian dari Google Drive. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi lembar kerja secara online. Google Sheets menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam menganalisis data, termasuk fungsi matematika dan statistik yang lengkap.

Mengimpor Data ke Google Sheets

Langkah pertama dalam mengerjakan statistik deskriptif dengan Google Sheets adalah mengimpor data yang akan dianalisis. Berikut adalah cara mengimpor data ke Google Sheets:

  1. Buka Google Sheets dan buat lembar kerja baru.
  2. Pilih “File” di menu atas, lalu pilih “Impor”.
  3. Pilih sumber data Anda, seperti “Upload” jika Anda ingin mengimpor file dari komputer Anda atau “URL” jika Anda ingin mengimpor data dari URL.
  4. Pilih file atau masukkan URL data yang ingin Anda impor.
  5. Klik “Impor” untuk mengimpor data ke lembar kerja.

Menggunakan Fungsi Statistik di Google Sheets

Setelah mengimpor data ke Google Sheets, Anda dapat menggunakan berbagai fungsi statistik yang tersedia untuk menganalisis data tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi statistik yang sering digunakan:

Bagikan:

Tags