Cara Menghitung Sudut Deviasi Minimum pada Prisma

Kenji

Prisma adalah salah satu objek geometri yang memiliki bentuk tiga dimensi. Salah satu fenomena menarik yang terjadi ketika cahaya melewati prisma adalah pembelokan cahaya atau disebut juga sebagai sudut deviasi. Sudut deviasi merupakan sudut antara sinar masuk dan sinar keluar dari prisma. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghitung sudut deviasi minimum pada prisma secara detail.

Apa itu Prisma?

Prisma adalah objek geometri yang memiliki dua bidang segitiga yang sejajar dan identik, serta bidang-bidang samping yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Dalam hal ini, kita akan fokus pada prisma segitiga, yang memiliki dua segitiga identik dan tiga sisi tegak yang berbentuk persegi atau persegi panjang.

Prisma SegitigaSource: None

Sudut Deviasi pada Prisma

Saat cahaya melewati prisma, ia akan mengalami pembelokan atau perubahan arah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kecepatan cahaya di dalam medium prisma yang berbeda dengan kecepatan cahaya di udara atau medium sekitarnya. Sudut deviasi adalah sudut antara sinar masuk dan sinar keluar dari prisma.

Bagikan:

Tags