Contoh Analisis Regresi Linear Sederhana dengan Python

Kenji

Analisis regresi linear sederhana adalah metode statistik yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara variabel independen (x) dan variabel dependen (y). Dalam analisis ini, kita mencoba untuk menemukan garis lurus terbaik yang dapat memprediksi nilai y berdasarkan nilai x. Python, sebagai bahasa pemrograman yang populer dan kuat, menawarkan banyak pustaka dan alat yang dapat digunakan untuk melakukan analisis regresi linear sederhana. Artikel ini akan memberikan contoh bagaimana melakukan analisis regresi linear sederhana dengan Python.

1. Persiapan Data

Sebelum kita dapat melakukan analisis regresi linear sederhana, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan data. Data harus terstruktur dengan baik dan terorganisir dalam format yang sesuai. Misalnya, jika kita ingin memprediksi harga rumah berdasarkan luas tanah, kita memerlukan data yang mencakup harga rumah dan luas tanah untuk berbagai rumah.

Setelah memiliki data yang tepat, langkah berikutnya adalah mengimpor pustaka Python yang diperlukan. Salah satu pustaka yang umum digunakan untuk analisis regresi linear sederhana adalah pustaka scikit-learn. Untuk mengimpor pustaka ini, kita dapat menggunakan perintah berikut:

“`pythonimport numpy as npimport pandas as pdfrom sklearn.linear_model import LinearRegression“`

Bagikan:

Tags