Contoh Jamur pada Filum Ascomycota

Kenji

Pendahuluan

Filum Ascomycota merupakan salah satu kelompok jamur yang memiliki peran penting dalam ekosistem. Jamur-jamur dalam filum ini memiliki beragam bentuk dan peran yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa contoh jamur pada filum Ascomycota yang menarik untuk diketahui.

1. Saccharomyces cerevisiae

Jamur Saccharomyces cerevisiae atau ragi roti adalah salah satu contoh jamur pada filum Ascomycota yang paling terkenal. Jamur ini memiliki bentuk sel yang bulat dan digunakan dalam proses fermentasi untuk membuat roti, bir, dan anggur. Selain itu, Saccharomyces cerevisiae juga digunakan dalam penelitian biologi molekuler dan genetika.

2. Penicillium

Penicillium adalah genus jamur yang terkenal dengan kemampuannya dalam memproduksi antibiotik. Jenis jamur Penicillium yang paling terkenal adalah Penicillium chrysogenum, yang menghasilkan penisilin. Penisilin merupakan salah satu antibiotik yang paling umum digunakan dalam pengobatan infeksi bakteri.

3. Tuber melanosporum

Tuber melanosporum atau truffle hitam adalah jenis jamur yang sangat berharga. Jamur ini tumbuh di sekitar akar pohon tertentu dan dikenal karena aromanya yang kaya dan unik. Truffle hitam sering digunakan dalam masakan gourmet dan memiliki harga jual yang sangat tinggi di pasar.

Bagikan:

Tags