Contoh Soal Bilangan Bulat SD – 3

Kenji

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum sekolah dasar (SD). Pada tingkat SD, siswa akan mulai belajar mengenai bilangan bulat. Bilangan bulat merupakan himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan positif, bilangan negatif, dan nol.

Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh soal bilangan bulat SD yang dapat membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih baik. Melalui contoh soal ini, diharapkan siswa dapat menguasai penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat dengan lebih baik.

Penjumlahan Bilangan Bulat

Penjumlahan bilangan bulat adalah operasi matematika yang melibatkan bilangan positif, bilangan negatif, atau nol. Untuk memahami penjumlahan bilangan bulat dengan lebih baik, berikut ini adalah beberapa contoh soal:

  1. -3 + 5 = ?
  2. 7 + (-2) = ?
  3. 0 + 9 = ?

Pada soal nomor 1, kita harus menambahkan bilangan negatif (-3) dengan bilangan positif (5). Kita dapat menggunakan garis bilangan untuk membantu kita menyelesaikan soal ini. Dari garis bilangan, kita dapat melihat bahwa penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan positif akan menghasilkan bilangan positif. Jadi, -3 + 5 = 2.

Bagikan:

Tags