Contoh Soal Hukum Mendel SMA 1

Kenji

Genetika adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat dari generasi ke generasi. Salah satu konsep penting dalam genetika adalah Hukum Mendel, yang menjelaskan tentang pewarisan sifat melalui gen-gen dalam organisme. Hukum Mendel adalah dasar bagi pemahaman kita tentang pewarisan genetik, dan sering menjadi topik ujian di sekolah menengah atas, seperti SMA 1. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh soal Hukum Mendel yang sering muncul dalam ujian SMA 1.

1. Soal Genotipe dan Fenotipe

1. Jika seorang wanita heterozigot untuk sifat rambut lurus (Rr), sedangkan suaminya homozigot resesif untuk sifat rambut keriting (rr), bagaimana peluang anak-anak mereka memiliki rambut keriting?

Jawab: Menurut Hukum Mendel, genotipe anak-anak akan tergantung pada kombinasi gen yang mereka warisi dari orang tua mereka. Dalam kasus ini, wanita memiliki genotipe Rr, yang berarti dia memiliki salah satu alel dominan (R) dan salah satu alel resesif (r) untuk sifat rambut lurus dan keriting. Suami, di sisi lain, homozigot resesif untuk sifat rambut keriting, yang berarti dia hanya memiliki alel resesif (r).

Menurut Hukum Mendel, setiap anak memiliki 50% peluang untuk mendapatkan alel dominan (R) dari ibu dan 50% peluang untuk mendapatkan alel resesif (r) dari ayah. Oleh karena itu, ada 50% peluang bagi anak-anak mereka untuk mewarisi alel dominan (R) dan memiliki rambut lurus, dan 50% peluang untuk mewarisi alel resesif (r) dan memiliki rambut keriting. Jadi, peluang mereka memiliki rambut keriting adalah 50%.

Bagikan:

Tags