Contoh Soal+Pembahasan Program Linear Matematika

Kenji

Program linear adalah salah satu cabang matematika yang memiliki peranan penting dalam dunia bisnis dan industri. Program linear digunakan untuk mengoptimalkan hasil dengan mempertimbangkan batasan atau kendala yang ada. Dalam program linear, terdapat contoh soal yang dapat membantu dalam mempelajari dan memahami konsep dasar serta pemecahan masalah menggunakan program linear. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh soal program linear matematika beserta pembahasannya.

1. Contoh Soal Program Linear Sederhana

Pertama, mari kita lihat contoh soal program linear sederhana. Misalkan terdapat seorang petani yang ingin menanam dua jenis tanaman, jagung dan kacang. Petani tersebut memiliki 2400 meter persegi lahan yang tersedia dan ingin memaksimalkan hasil panen kedua tanaman tersebut. Setiap meter persegi lahan yang ditanami jagung dapat menghasilkan 10 kg biji jagung, sedangkan setiap meter persegi lahan yang ditanami kacang dapat menghasilkan 15 kg biji kacang.

Untuk menanam jagung, petani tersebut membutuhkan biaya sebesar Rp 500.000, sedangkan untuk menanam kacang, biayanya adalah Rp 400.000 per meter persegi. Selain itu, petani tersebut juga terbatas oleh waktu sehingga hanya dapat menanam maksimal 1600 meter persegi lahan setiap tahunnya.

Bagaimana petani tersebut dapat memaksimalkan hasil panen kedua tanaman tersebut dengan mempertimbangkan batasan dan kendala yang ada?

Bagikan:

Tags