Daur Hidup Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Kenji

Tumbuhan lumut atau Bryophyta adalah salah satu kelompok tumbuhan yang memiliki ciri-ciri unik. Mereka merupakan tumbuhan landas yang paling sederhana dan belum memiliki pembuluh angkut (xilem dan floem). Tumbuhan lumut terdiri dari tiga kelompok utama, yaitu lumut daun (Hepaticophyta), lumut tanduk (Anthocerotophyta), dan lumut sejati (Bryophyta).

Apa itu Tumbuhan Lumut?

Tumbuhan lumut adalah kelompok tumbuhan yang berada di antara alga hijau dan tumbuhan berkormus. Mereka memiliki beberapa ciri khas yang membedakan mereka dari kelompok tumbuhan lainnya. Salah satu ciri utama tumbuhan lumut adalah tidak adanya jaringan pembuluh, seperti pembuluh angkut yang dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh.

Secara struktural, tumbuhan lumut terdiri dari thallus (tubuh lumut) yang berupa multiseluler dan tidak mempunyai daun, batang, dan akar sejati. Thallus ini terdiri dari sel-sel yang secara fungsional mirip dengan akar, tangkai daun, dan daun pada tumbuhan tingkat tinggi. Pada beberapa jenis tumbuhan lumut, terdapat struktur khusus yang disebut “rhizoid” yang berfungsi menempel pada substrat dan menyerap air dan nutrisi.

Tumbuhan lumut juga memiliki siklus hidup yang unik. Mereka mengalami pergiliran keturunan antara generasi gametofit dan sporofit. Generasi gametofit adalah generasi yang menghasilkan gamet (sel kelamin) yang meliputi tumbuhan lumut jantan dan betina. Sedangkan generasi sporofit adalah generasi yang menghasilkan spora (sel reproduksi) yang meliputi tumbuhan lumut jantan dan betina.

Bagikan:

Tags