Diketahui sistem persamaan 3x + 7y = 1 dan 2x – 3y = 16. Nil

Kenji

Pendahuluan

Sistem persamaan linear merupakan salah satu topik yang penting dalam matematika. Sistem persamaan linear terdiri dari dua atau lebih persamaan yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Dalam artikel ini, kita akan membahas sistem persamaan linear dengan dua variabel, yaitu x dan y. Khususnya, kita akan membahas sistem persamaan 3x + 7y = 1 dan 2x – 3y = 16 serta mencari nilai-nilai x dan y yang memenuhi kedua persamaan tersebut.

Metode Penyelesaian

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sistem persamaan linear. Salah satu metode yang umum digunakan adalah metode eliminasi. Dalam metode eliminasi, kita mencoba menghilangkan salah satu variabel dengan menjumlahkan atau mengurangkan persamaan-persamaan dalam sistem. Kita akan menggunakan metode eliminasi untuk menyelesaikan sistem persamaan 3x + 7y = 1 dan 2x – 3y = 16.

Langkah 1: Mengalikan Persamaan

Langkah pertama dalam metode eliminasi adalah mengalikan satu atau kedua persamaan dengan suatu faktor pengali agar koefisien salah satu variabel pada kedua persamaan menjadi sama atau berlawanan. Kita akan mencoba menghilangkan variabel x dengan mengalikan persamaan pertama dengan 2 dan persamaan kedua dengan 3.

2(3x + 7y) = 2(1) -> 6x + 14y = 2

Bagikan:

Tags