Energi yang Dihasilkan pada Reaksi Inti (1 sma = 931 MeV)

Kenji

Reaksi inti adalah proses di mana inti atom mengalami perubahan dalam komposisi dan energinya. Saat terjadi reaksi inti, energi dilepaskan atau diserap oleh inti atom. Salah satu ukuran energi dalam reaksi inti adalah satuan massa atom (sma) yang setara dengan 931 MeV (juta elektronvolt). Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi energi yang dihasilkan dalam reaksi inti dan bagaimana satuan massa atom digunakan untuk mengukurnya.

Pengertian Reaksi Inti

Reaksi inti terjadi ketika inti atom berinteraksi dan mengalami perubahan. Proses ini melibatkan pemecahan, penggabungan, atau transformasi inti atom. Reaksi inti dapat terjadi secara alami, seperti dalam peluruhan radioaktif, atau dapat diinduksi melalui berbagai metode, seperti reaktor nuklir atau percepatan partikel.

Salah satu reaksi inti yang paling terkenal adalah reaksi fusi, di mana inti atom bergabung untuk membentuk inti yang lebih besar. Reaksi fusi terjadi dalam bintang, termasuk Matahari, di mana energi yang sangat besar dilepaskan. Reaksi fusi juga merupakan sumber energi potensial yang besar di Bumi, tetapi masih dalam tahap pengembangan untuk digunakan secara komersial.

Reaksi inti juga dapat melibatkan pemecahan inti atom menjadi inti yang lebih kecil. Proses ini disebut reaksi fisi. Reaksi fisi dapat terjadi secara alami, seperti dalam peluruhan radioaktif uranium, atau dapat diinduksi dalam reaktor nuklir. Reaksi fisi juga menghasilkan energi yang signifikan dan digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir.

Bagikan:

Tags