Hukum Kekekalan Momentum: Sebuah Tinjauan Mendalam

Kenji

Hukum kekekalan momentum adalah salah satu prinsip dasar dalam fisika yang berbicara tentang kecenderungan benda untuk mempertahankan momentumnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi hukum ini dengan lebih mendalam, memahami konsepnya, melihat contoh-contoh nyata, dan melihat bagaimana hukum kekekalan momentum ini berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Hukum kekekalan momentum merupakan salah satu aspek penting dalam pemahaman fisika, khususnya ketika berbicara tentang gerakan benda. Hukum ini menyatakan bahwa momentum total sistem yang terisolasi akan tetap konstan jika tidak ada gaya eksternal yang bekerja pada sistem tersebut.

Untuk lebih memahami konsep ini, kita perlu menggali lebih dalam tentang apa itu momentum. Momentum adalah ukuran dari seberapa sulitnya untuk menghentikan atau mengubah gerakan suatu benda. Hal ini terkait erat dengan massa dan kecepatan benda. Momentum (p) didefinisikan sebagai hasil perkalian antara massa (m) benda dan kecepatannya (v) benda, seperti yang ditunjukkan oleh rumus berikut:

p = m * v

Bagikan:

Tags