Hukum Kirchoff 1 dan 2: Dasar-dasar Teori Listrik

Kenji

Teori rangkaian listrik menjadi dasar dalam mempelajari sifat-sifat aliran listrik. Salah satu teori yang sangat penting dalam rangkaian listrik adalah Hukum Kirchoff. Terdapat dua hukum utama dalam Hukum Kirchoff, yaitu Hukum Kirchoff 1 dan Hukum Kirchoff 2. Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail mengenai kedua hukum tersebut dan bagaimana penerapannya dalam analisis rangkaian listrik.

1. Hukum Kirchoff 1

Hukum Kirchoff 1, juga dikenal sebagai Hukum Kirchoff tentang arus, menyatakan bahwa jumlah arus yang masuk ke suatu simpul dalam rangkaian listrik harus sama dengan jumlah arus yang keluar dari simpul tersebut. Dalam kata lain, hukum ini mempertahankan prinsip kekekalan muatan listrik.

Contoh sederhana penerapan Hukum Kirchoff 1 adalah pada rangkaian seri. Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang terdiri dari komponen-komponen yang disusun secara berurutan. Dalam rangkaian seri, arus yang mengalir melalui setiap komponen harus sama. Misalnya, terdapat rangkaian seri yang terdiri dari tiga resistor dengan resistansi masing-masing 10 ohm, 20 ohm, dan 30 ohm. Arus yang memasuki rangkaian ini harus sama dengan arus yang keluar dari rangkaian tersebut.

Secara matematis, Hukum Kirchoff 1 dapat dirumuskan sebagai berikut:

Bagikan:

Tags