Induksi Elektromagnetik, GGL Induksi, dan Transformator

Kenji

Pendahuluan

Induksi elektromagnetik adalah fenomena penting dalam dunia fisika. Konsep ini ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831 dan menjadi dasar bagi banyak teknologi yang kita gunakan sehari-hari, termasuk transformator dan generator listrik. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu induksi elektromagnetik, gaya gerak listrik (GGL) induksi, dan bagaimana transformator bekerja.

Induksi Elektromagnetik

Induksi elektromagnetik adalah proses pembangkitan medan magnet oleh medan listrik yang berubah. Ketika medan magnet berubah, medan listrik akan dihasilkan, dan sebaliknya. Hal ini mendasari prinsip dasar generator listrik dan transformator.

Salah satu contoh penerapan induksi elektromagnetik adalah dalam generator listrik. Generator listrik menghasilkan listrik dengan memutar kumparan kawat di dalam medan magnet. Ketika kumparan berputar, medan magnet berubah dan menginduksi medan listrik dalam kumparan tersebut. Medan listrik tersebut kemudian dapat digunakan untuk menggerakkan arus listrik.

Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi

Gaya Gerak Listrik (GGL) induksi adalah gaya yang timbul ketika medan magnet berubah di sekitar suatu konduktor. GGL induksi dapat dihitung dengan menggunakan hukum Faraday tentang induksi elektromagnetik.

Bagikan:

Tags