Interferensi Celah Ganda Young (Pola Pita Terang & Gelap)

Kenji

Interferensi celah ganda Young adalah fenomena yang terjadi ketika cahaya melewati celah sempit dan membentuk pola pita terang dan gelap pada layar yang berada di belakangnya. Fenomena ini pertama kali diamati oleh fisikawan Inggris bernama Thomas Young pada abad ke-19, dan merupakan salah satu bukti penting dalam mendukung teori gelombang cahaya.

Apa itu Interferensi?

Interferensi adalah fenomena yang terjadi ketika dua atau lebih gelombang bertemu dan saling berinteraksi. Ketika gelombang-gelombang ini bertemu, mereka dapat saling menguatkan atau saling melemahkan satu sama lain, tergantung pada perbedaan fase dan amplitudo mereka. Interferensi terjadi dalam berbagai konteks, termasuk gelombang air, suara, dan cahaya.

Interferensi pada Cahaya

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang terdiri dari partikel-partikel kecil yang disebut foton. Ketika cahaya melewati celah sempit, seperti celah ganda Young, gelombang-gelombang cahaya ini dapat berinteraksi dan menghasilkan pola interferensi. Pola ini terlihat sebagai serangkaian pita terang dan gelap pada layar yang berada di belakang celah.

Celah Ganda Young

Celah ganda Young terdiri dari dua celah sempit yang paralel, dengan jarak antara celah yang relatif kecil dibandingkan dengan panjang gelombang cahaya yang digunakan. Dalam eksperimen Young, cahaya monokromatik (cahaya dengan panjang gelombang tunggal) biasanya digunakan untuk menghasilkan pola interferensi yang jelas.

Bagikan:

Tags