Kedudukan Garis Terhadap Parabola

Kenji

Pengenalan

Parabola adalah salah satu bentuk dasar dalam matematika yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi. Parabola terdiri dari titik pusat (fokus) dan sebuah garis lurus yang disebut sebagai garis singgung atau garis normal. Garis ini memiliki peran penting dalam memahami dan menganalisis sifat-sifat geometris parabola.

Pengertian Parabola

Parabola adalah himpunan semua titik yang memiliki jarak yang sama dengan titik pusat dan garis singgungnya. Biasanya, parabola diwakili oleh persamaan kuadratik dalam bentuk umum y = ax^2 + bx + c. Di mana a, b, dan c adalah konstanta dan x serta y mewakili koordinat titik pada parabola.

Terlepas dari bentuk persamaannya, parabola memiliki beberapa sifat khas. Salah satunya adalah bahwa garis singgungnya selalu tegak lurus dengan sumbu x. Selain itu, setiap titik pada parabola memiliki jarak yang sama dengan fokus dan garis singgungnya.

Kedudukan Garis Terhadap Parabola

Kedudukan garis terhadap parabola dapat bervariasi tergantung pada posisi relatif garis terhadap parabola tersebut. Ada tiga kemungkinan kedudukan garis terhadap parabola, yaitu garis sejajar dengan sumbu x, garis sejajar dengan sumbu y, dan garis yang melintasi parabola.

Bagikan:

Tags