Kelainan yang Terpaut Gonosom (Kromosom X dan Y)

Kenji

Kelainan yang terpaut gonosom, juga dikenal sebagai kelainan terkait kromosom X dan Y, adalah kelompok penyakit genetik yang terjadi akibat mutasi pada kromosom seks. Kromosom seks terdiri dari dua jenis, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Pada manusia, pria memiliki kromosom XY, sedangkan wanita memiliki kromosom XX. Kelainan yang terpaut gonosom dapat mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda karena perbedaan dalam komposisi kromosom seks mereka.

Penyebab Kelainan yang Terpaut Gonosom

Kelainan yang terpaut gonosom disebabkan oleh mutasi genetik pada kromosom seks. Mutasi ini dapat terjadi secara acak atau diwariskan dari orang tua. Beberapa kelainan terpaut gonosom terjadi karena mutasi pada gen spesifik pada kromosom X atau Y, sementara yang lain disebabkan oleh perubahan dalam jumlah atau struktur kromosom seks.

Salah satu contoh kelainan yang terpaut gonosom yang umum adalah hemofilia, yang disebabkan oleh mutasi pada gen faktor pembekuan darah pada kromosom X. Karena pria hanya memiliki satu kromosom X, mereka lebih rentan terhadap hemofilia daripada wanita. Wanita dapat menjadi pembawa hemofilia jika mereka mewarisi salinan gen yang bermutasi dari orang tua mereka, tetapi biasanya tidak menunjukkan gejala penyakit ini.

Contoh Kelainan yang Terpaut Gonosom

Ada banyak contoh kelainan yang terpaut gonosom, dan berikut ini adalah beberapa contoh yang umum:

Bagikan:

Tags