Kumpulan Ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Kenji

Tumbuhan adalah organisme hidup yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia. Ada ribuan spesies tumbuhan yang tersebar di seluruh dunia, masing-masing dengan ciri khusus dan fungsi yang unik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai ciri khusus tumbuhan dan fungsinya, serta pentingnya pemahaman tentang hal ini dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan manusia.

1. Adaptasi terhadap Lingkungan

Tumbuhan memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa terhadap lingkungan di sekitarnya. Beberapa ciri adaptasi tumbuhan meliputi:

  • Tumbuhan berduri, seperti kaktus, memiliki duri yang tajam untuk melindungi diri dari pemangsa.
  • Tumbuhan epifit, seperti anggrek, dapat tumbuh di permukaan pohon tanpa menyebabkan kerusakan.
  • Akar gantung pada tumbuhan epifit memungkinkan mereka untuk menyerap air dan nutrisi dari udara dan puing-puing organik.
  • Tumbuhan air memiliki akar yang mengapung atau bentuk khusus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan perairan.

Adaptasi tumbuhan terhadap lingkungan memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan berkembang biak di berbagai kondisi yang ekstrem.

2. Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses yang vital bagi tumbuhan, di mana mereka menggunakan energi matahari, air, dan karbon dioksida untuk menghasilkan glukosa dan oksigen. Beberapa ciri khusus tumbuhan terkait fotosintesis meliputi:

Bagikan:

Tags