Luas Juring dan Panjang Busur Lingkaran (+Luas Tembereng)

Kenji

Luas juring dan panjang busur lingkaran adalah konsep matematika yang penting dan sering digunakan dalam berbagai bidang. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang konsep ini, bagaimana menghitungnya, dan bagaimana mereka dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita juga akan membahas tentang luas tembereng, yang merupakan konsep terkait dengan juring dan busur lingkaran.

1. Pengertian Juring dan Busur Lingkaran

Sebelum kita memahami luas juring dan panjang busur lingkaran, penting untuk memahami pengertian dasar tentang juring dan busur lingkaran. Juring adalah bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari dan busur lingkaran yang menghubungkannya. Juring dapat dianggap sebagai segmen dari lingkaran yang memiliki sudut pusat dan dua buah rusuk yang merupakan jari-jari lingkaran.

Sementara itu, busur lingkaran adalah bagian dari garis lengkung yang membentuk lingkaran. Busur lingkaran memiliki panjang tertentu dan dapat diukur dalam satuan sudut atau satuan panjang. Dalam hal ini, kita akan membahas tentang panjang busur lingkaran.

2. Menghitung Luas Juring Lingkaran

Luas juring lingkaran dapat dihitung dengan rumus berikut:

Bagikan:

Tags