Macam-Macam Bukti Transaksi dalam Pembukuan Akuntansi

Kenji

Di dunia akuntansi, bukti transaksi adalah hal yang sangat penting dalam melakukan pencatatan keuangan. Bukti transaksi merupakan bukti fisik atau elektronik yang memperlihatkan adanya perubahan dalam keuangan suatu entitas. Dalam pembukuan akuntansi, bukti transaksi digunakan untuk memastikan kebenaran dan keabsahan setiap transaksi yang terjadi.

Apa itu Bukti Transaksi?

Bukti transaksi adalah dokumen atau rekaman yang mendokumentasikan adanya transaksi keuangan. Bukti transaksi ini berperan sebagai alat bukti atau pendukung dalam melakukan pencatatan keuangan dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan yang akurat.

Sebagai contoh, ketika suatu perusahaan melakukan pembelian barang, bukti transaksi yang dapat digunakan adalah faktur atau kwitansi pembelian. Faktur atau kwitansi ini akan menjadi bukti bahwa perusahaan telah melakukan pembelian barang dan harus dicatat dalam pembukuan akuntansi.

Macam-Macam Bukti Transaksi

Ada beberapa macam bukti transaksi yang umum digunakan dalam pembukuan akuntansi. Berikut adalah beberapa contoh bukti transaksi yang sering digunakan:

Bagikan:

Tags