Pembentukan Bayangan pada Lup (+Rumus Perbesaran M)

Kenji

Mata manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk melihat dan memahami dunia di sekitarnya. Salah satu alat yang membantu kita dalam melihat dengan lebih jelas adalah lensa. Lensa dapat mengubah arah cahaya dan membentuk bayangan yang dapat kita lihat.

Apa itu Lup?

Lup adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek dengan jelas. Alat ini terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler yang bekerja bersama-sama untuk memperbesar objek yang dilihat. Dengan menggunakan lup, kita dapat melihat benda-benda kecil dengan lebih rinci dan jelas.

Prinsip Pembentukan Bayangan pada Lup

Pembentukan bayangan pada lup mengikuti prinsip dasar pembentukan bayangan pada lensa. Ketika cahaya melewati lensa objektif, ia akan dibiaskan dan bertemu di titik fokus lensa. Titik ini disebut titik fokus primer. Kemudian, cahaya yang telah dibiaskan akan melewati lensa okuler dan membentuk bayangan yang diperbesar di retina mata.

Perbesaran bayangan pada lup dinyatakan dalam rumus perbesaran M, yang didefinisikan sebagai perbandingan antara sudut yang dibentuk oleh bayangan dan sudut yang dibentuk oleh objek. Rumus perbesaran M dapat ditulis sebagai:

Bagikan:

Tags