Pengertian Hikayat dan Contohnya

Kenji

Hikayat adalah salah satu bentuk sastra lisan atau tulisan yang berasal dari tradisi lama di Indonesia. Hikayat mengandung makna sebagai cerita atau kisah yang mengisahkan tentang kehidupan manusia, pahlawan, dewa, atau makhluk gaib lainnya. Hikayat juga sering dihubungkan dengan cerita rakyat atau cerita dongeng yang disampaikan secara turun-temurun dalam masyarakat.

Apa Itu Hikayat?

Hikayat adalah salah satu bentuk sastra tradisional yang mengandung nilai-nilai budaya dan moral. Kata “hikayat” sendiri berasal dari bahasa Arab, yakni “hikayah” yang berarti “cerita” atau “kisah”. Hikayat merupakan salah satu jenis sastra yang populer pada masa kerajaan di Indonesia, seperti Majapahit, Mataram, dan Aceh.

Hikayat sering digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, ajaran agama, atau sejarah suatu bangsa. Hikayat juga memiliki ciri khas dalam penyampaiannya. Biasanya, hikayat disampaikan dalam bentuk puisi atau prosa yang memadukan unsur-unsur bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Ciri-ciri Hikayat

Hikayat memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan bentuk sastra lainnya. Beberapa ciri-ciri hikayat antara lain:

Bagikan:

Tags