Penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel 2(x+5)= -3x + 25

Kenji

Pendahuluan

Dalam matematika, persamaan linear satu variabel adalah persamaan yang melibatkan variabel tunggal dengan pangkat tertinggi 1. Persamaan ini dapat diselesaikan dengan beberapa langkah sederhana yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Kami akan membahas bagaimana menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan contoh spesifik: 2(x+5) = -3x + 25.

Langkah 1: Distribusi

Langkah pertama dalam menyelesaikan persamaan linear adalah mendistribusikan nilai di dalam tanda kurung. Dalam contoh kita, kita memiliki 2 yang harus didistribusikan ke (x+5). Dengan melakukan distribusi, persamaan kita menjadi 2x + 10 = -3x + 25.

Langkah 2: Menggabungkan Variabel

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan semua variabel pada satu sisi dan konstanta pada sisi lain. Dalam contoh kita, kita akan memindahkan -3x dari sisi kanan ke sisi kiri persamaan. Setelah melakukan ini, persamaan kita menjadi 2x + 3x + 10 = 25.

Langkah 3: Menggabungkan Konstanta

Setelah menggabungkan variabel pada satu sisi, langkah selanjutnya adalah menggabungkan konstanta pada sisi lain. Dalam contoh kita, kita akan memindahkan 10 dari sisi kiri ke sisi kanan persamaan. Setelah melakukan ini, persamaan kita menjadi 2x + 3x = 25 – 10.

Bagikan:

Tags