Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Kenji

Sel merupakan unit dasar dari kehidupan. Mereka adalah struktur mikroskopis yang membentuk organisme hidup, baik itu hewan maupun tumbuhan. Meskipun sel-sel hewan dan tumbuhan memiliki kesamaan dalam struktur dasar dan fungsi, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan-perbedaan ini secara mendalam.

1. Struktur Sel

Secara umum, sel hewan dan tumbuhan memiliki struktur dasar yang serupa. Keduanya memiliki membran sel yang melindungi sel dari lingkungan eksternal. Di dalam membran sel, terdapat sitoplasma yang mengandung berbagai organel seperti mitokondria, ribosom, dan retikulum endoplasma. Namun, ada beberapa perbedaan struktural utama antara sel hewan dan tumbuhan.

Perbedaan pertama terletak pada dinding sel. Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa yang memberikan kekuatan dan dukungan struktural pada tumbuhan. Sel hewan, di sisi lain, tidak memiliki dinding sel.

Perbedaan lainnya adalah adanya kloroplas di dalam sel tumbuhan. Kloroplas adalah organel yang bertanggung jawab untuk fotosintesis, yaitu proses di mana tumbuhan mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Sel hewan tidak memiliki kloroplas, sehingga mereka tidak mampu melakukan fotosintesis.

Bagikan:

Tags