Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Kenji

Sel adalah unit dasar kehidupan yang membentuk semua organisme hidup di dunia ini. Ada dua jenis sel utama yang ada di alam yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Meskipun keduanya memiliki peran penting dalam fungsi organisme, mereka memiliki perbedaan signifikan dalam struktur dan fungsi. Artikel ini akan mengeksplorasi perbedaan antara sel prokariotik dan sel eukariotik.

Apa itu Sel Prokariotik?

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti atau organel seluler yang terikat oleh membran. Mereka merupakan bentuk sel yang paling primitif dan ditemukan pada organisme prokariota seperti bakteri dan arkea. Struktur sel prokariotik sederhana dan tidak kompleks dibandingkan dengan sel eukariotik.

Apa itu Sel Eukariotik?

Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti yang mengelilingi materi genetik mereka. Mereka juga memiliki berbagai organel seluler seperti mitokondria, retikulum endoplasma, dan kloroplas. Sel eukariotik ditemukan pada organisme eukariota seperti hewan, tumbuhan, fungi, dan protista. Mereka lebih kompleks dibandingkan dengan sel prokariotik.

Perbedaan Struktur

Salah satu perbedaan utama antara sel prokariotik dan sel eukariotik adalah struktur mereka. Berikut adalah perbedaan struktural utama antara kedua jenis sel tersebut:

Bagikan:

Tags