POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2023

Ghivan Adi

Halo teman-teman semua, pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi terkait Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2023.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah telah mengeluarkan surat keputusan nomor 131/BAN-SM/SK/2023 30 Januari 2023 tentang Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2023. Isi dari keputusan tersebut adalah sebagai berikut :

SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP) DAN PELAKSANAAN AKREDITASI

A. RASIONAL

Pada tahun 2023 BAN-S/M telah menetapkan kuota sekolah/madrasah sebagai sasaran visitasi yang jumlahnya telah ditetapkan untuk setiap provinsi. Pelaksanaan akreditasi tahun ini menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 yang perlu disosialisasikan pada sekolah/madrasah yang menjadi sasaran visitasi.

Untuk pengumpulan informasi tentang sekolah/madrasah yang menjadi sasaran, BAN-S/M menggunakan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud dan Education Management Information System (EMIS) Kemenag. Sispena-S/M akan menjadi pintu gerbang pertama untuk masuk dalam proses akreditasi sekolah/madrasah.

B. TUJUAN

  1. Menjelaskan IASP dan pelaksanaan akreditasi pada tahun berjalan pada sekolah/madrasah.
  2. Menjelaskan penggunaan Sispena-S/M sebagai pengumpul informasi awal dari sekolah/madrasah.
  3. Memberitahukan pada sekolah/madrasah untuk mengisi evaluasi diri sekolah/madrasah dengan nama Data Isian Akreditasi (DIA) melalui Sispena-S/M.

C. PENANGGUNG JAWAB

Penanggung Jawab Sosialisasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan adalah:

  1. BAN-S/M Provinsi,
  2. Disdik Provinsi,
  3. Kanwil Kemenag,
  4. Disdik Kabupaten/Kota,
  5. KanKemenag Kabupaten/Kota,
  6. KPA-S/M, dan
  7. sekolah/madrasah.

D. TUGAS DAN WEWENANG

  1. BAN-S/M Provinsi menyelenggarakan sosialisasi IASP2020, penggunaan Sispena-S/M dan pelaksanaan akreditasi dengan mengundang Anggota BAN-S/M Provinsi, Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, KanKemenag, dan KPA-S/M.
  2. BAN-S/M Provinsi bekerja sama dengan Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, KanKemenag menyelenggarakan sosialisasi IASP2020, penggunaan Sispena-S/M dan pelaksanaan akreditasi kepada sekolah/madrasah sasaran visitasi.
  3. Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, Kankemenag memastikan bahwa sekolah/madrasah sasaran visitasi dapat mengakses Sispena-S/M dan memberi bantuan jika sekolah/madrasah menghadapi masalah.

E. LANGKAH KEGIATAN

Ketua BAN-S/M Provinsi mengundang anggota BAN-S/M Provinsi, Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, Kankemenag, KPA-S/M, dan sekolah/madrasah sasaran akreditasi untuk mengikuti sosialisasi akreditasi dengan langkah:

  1. BAN-S/M Provinsi menerima sasaran akreditasi dari BAN-S/M.
  2. BAN-S/M Provinsi menginformasikan sasaran akreditasi yang akan dibiayai dari APBN (Kemendikbudristek dan/atau Kemenag) dan daftar sekolah/madrasah yang sudah menjadi sasaran akreditasi (automasi dan visitasi).
  3. BAN-S/M Provinsi menetapkan jadwal tahapan proses akreditasi dan batas akhir waktu setiap periode penetapan hasil akreditasi (automasi dan visitasi) selama tahun berjalan dengan memperhatikan sasaran akreditasi.
  4. Sekolah/madrasahmengajukan permohonan untuk diakreditasi melalui Sispena S/M.
  5. Sekolah/madrasah mempelajari IASP2020 yang dapat diunduh dari situs web BAN-S/M, kemudian menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk akreditasi.
  6. Sekolah/madrasah melakukan pengisian Data Isian Akreditasi (DIA) melalui Sispena-S/M, termasuk mengunggah dokumen yang diperlukan.

F. WAKTU DAN TEMPAT

  1. Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BAN-S/M Provinsi dilaksanakan selama 1 (satu) atau 2 (dua) hari secara daring.
  2. Kegiatan sosialisasi dapat dilaksanakan secara luring atas kerja sama antara BAN-S/M Provinsi dengan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota dan/atau Kanwil Kemenag provinsi atau KanKemenag kabupaten/kota.
  3. Kegiatan pengajuan akreditasi dan pengisian DIA dilakukan oleh sekolah/madrasah melalui aplikasi Sispena-S/M dalam kurun waktu yang telah ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi.

G. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN

  1. BAN-S/M Provinsi.
    a. Daftar sekolah/madrasah sasaran akreditasi dan kuota visitasi.
    b. Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.
    c. IASP2020
    d. Surat Keputusan Ketua BAN-S/M No. 807/BAN-SM/SK/2021 tentang Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/ Madrasah.
  2. Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, Disdik Kabupaten/Kota, dan KanKemenag dan KPA-S/M.
    a. Daftar sekolah/madrasah sasaran akreditasi.
    b. Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.
    c. IASP2020.
    d. Surat Keputusan Ketua BAN-S/M No. 807/BAN-SM/SK/ 2021 tentang Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah.
  3. Sekolah/Madrasah.
    a. Petunjuk penggunaan Sispena-S/M.
    b. IASP2020.
    c. Dokumen yang diperlukan di IASP2020.
    d. Surat Keputusan Ketua BAN-S/M No. 807/BAN-SM/SK/ 2021 tentang Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

H. HASIL

  1. Tersampaikannya informasi tentang sasaran akreditasi sekolah/madrasah tahun 2023.
  2. Tersosialisasikannya IASP2020 dan proses pelaksanaan akreditasi di tahun 2023.
  3. Terinformasikannya pengajuan akreditasi dan pengisian DIA melalui Sispena-S/M.
  4. Terinformasikannya batas waktu pengajuan akreditasi dan pengisian DIA oleh sekolah/madrasah.

Untuk informasi selengkapnya terkait dengan POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2023 dapat kalian unduh disini :

POS PELAKSANAAN AKREDITASI 2023

Demikian informasi POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2023 yang dapat admin sampaikan. Jangan lupa SHARE jika bermanfaat ya, Terima Kasih.

Bagikan: