Rumus Energi yang Tersimpan pada Kapasitor

Kenji

Pendahuluan

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang rumus energi yang tersimpan pada kapasitor. Kapasitor adalah salah satu komponen penting dalam rangkaian elektronik yang memiliki kemampuan untuk menyimpan energi dalam bentuk medan listrik. Dengan memahami rumus energi yang tersimpan pada kapasitor, kita dapat menghitung dan memanfaatkan energi yang tersimpan tersebut dalam berbagai aplikasi praktis.

Apa itu Kapasitor?

Kapasitor, juga dikenal sebagai kondensator, adalah komponen elektronik yang terdiri dari dua konduktor terpisah oleh bahan dielektrik. Konduktor ini biasanya berupa pelat logam atau foil yang terhubung ke terminal kapasitor. Bahan dielektrik yang digunakan dapat berupa udara, kertas, plastik, atau bahan lainnya yang memiliki kekuatan dielektrik yang cukup tinggi.

Kapasitor memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan listrik dan energi dalam bentuk medan listrik antara dua konduktor tersebut. Ketika tegangan diterapkan pada kapasitor, muatan listrik akan mengalir dari satu konduktor ke konduktor lainnya melalui bahan dielektrik. Proses ini menyebabkan energi tersimpan dalam kapasitor.

Rumus Energi pada Kapasitor

Rumus energi yang tersimpan pada kapasitor dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Bagikan:

Tags