Rumus Kecepatan Linear dan Anguler Gerak Melingkar

Kenji

Gerak melingkar adalah salah satu jenis gerakan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan ini terjadi ketika suatu objek bergerak dalam lintasan yang berbentuk lingkaran atau melingkar. Untuk memahami gerak melingkar dengan lebih baik, penting untuk memahami konsep kecepatan linear dan kecepatan angular yang terkait dengan gerakan ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas rumus-rumus dasar kecepatan linear dan angular pada gerak melingkar.

Apa Itu Gerak Melingkar?

Gerak melingkar terjadi ketika suatu objek bergerak dalam lintasan yang berbentuk lingkaran atau melingkar. Dalam gerak melingkar, suatu objek bergerak sejauh lingkaran dengan jari-jari tertentu. Gerak melingkar dapat ditemukan dalam berbagai konteks, seperti gerak planet di tata surya, gerak benda yang berputar pada sumbu tertentu, atau gerakan objek di dalam atraksi wahana permainan di taman hiburan.

Kecepatan Linear pada Gerak Melingkar

Kecepatan linear adalah ukuran sejauh mana suatu objek bergerak dalam waktu tertentu. Dalam gerak melingkar, kecepatan linear mengacu pada seberapa cepat suatu objek bergerak sepanjang lintasan lingkaran. Kecepatan linear pada gerak melingkar dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

v = r × ω

Bagikan:

Tags