Rumus Kekuatan Lensa Cembung dan Cekung

Kenji

Lensa adalah salah satu komponen penting dalam optik yang digunakan untuk memfokuskan cahaya. Ada dua jenis lensa yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi optik, yaitu lensa cembung dan lensa cekung. Kekuatan lensa adalah salah satu parameter penting yang harus dipahami untuk memahami bagaimana lensa bekerja.

Apa itu Lensa Cembung dan Lensa Cekung?

Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian tepinya. Ini berarti bahwa permukaan lengkungnya menghadap keluar. Lensa cembung memiliki sifat untuk memfokuskan cahaya ke satu titik fokus setelah melewati lensa. Di sisi lain, lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian tepinya. Ini berarti bahwa permukaan lengkungnya menghadap ke dalam. Lensa cekung memiliki sifat untuk menyebarkan cahaya yang melewatinya.

Fokus Lensa Cembung dan Cekung

Fokus lensa cembung adalah titik di mana semua sinar yang melewati lensa paralel dengan sumbu optiknya akan bertemu setelah melewati lensa. Di sisi lain, fokus lensa cekung adalah titik di mana semua sinar yang melewati lensa paralel dengan sumbu optiknya tampak berasal. Fokus lensa cekung ini adalah fokus virtual dan sinar-sinar ini tidak bertemu secara aktual.

Rumus Kekuatan Lensa Cembung

Rumus dasar untuk menghitung kekuatan lensa cembung adalah:

Bagikan:

Tags