Rumus Periode dan Frekuensi Pegas dan Faktor Pengaruhnya

Kenji

Rumus Periode dan Frekuensi Pegas dan Faktor Pengaruhnya

Pegas adalah salah satu benda yang memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengembalikan energi mekanik. Dalam fisika, pegas sering digunakan untuk mempelajari konsep-konsep dasar seperti periode dan frekuensi. Periode adalah waktu yang dibutuhkan oleh pegas untuk melakukan satu siklus penuh, sedangkan frekuensi adalah jumlah siklus yang dilakukan oleh pegas dalam satu detik. Dalam artikel ini, kita akan membahas rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung periode dan frekuensi pegas, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keduanya.

Pengertian Periode dan Frekuensi

Periode adalah waktu yang dibutuhkan oleh pegas untuk melakukan satu siklus penuh. Dalam konteks pegas, siklus penuh ini terjadi ketika pegas kembali ke posisi awalnya setelah mengalami deformasi. Periode diukur dalam satuan waktu seperti detik, menit, atau jam.

Frekuensi, di sisi lain, adalah jumlah siklus yang dilakukan oleh pegas dalam satu detik. Frekuensi diukur dalam satuan hertz (Hz), yang merupakan jumlah siklus per detik. Misalnya, jika pegas melakukan 10 siklus dalam satu detik, maka frekuensinya adalah 10 Hz.

Rumus-rumus Periode dan Frekuensi

Rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung periode dan frekuensi pegas berbeda tergantung pada jenis pegas yang digunakan. Ada dua jenis pegas yang umum digunakan, yaitu pegas linear dan pegas harmonis. Berikut adalah rumus-rumus untuk masing-masing jenis pegas:

Bagikan:

Tags