Rumus Pola Difraksi Cahaya Oleh Celah Tunggal Sempit

Kenji

Difraksi adalah fenomena di mana cahaya atau gelombang melengkung atau mengalami pembelokan saat melewati suatu penghalang atau celah sempit. Salah satu contoh difraksi adalah difraksi cahaya oleh sebuah celah tunggal sempit. Fenomena ini memiliki rumus yang dapat digunakan untuk menghitung pola difraksi cahaya oleh celah tunggal sempit. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci mengenai rumus pola difraksi cahaya oleh celah tunggal sempit beserta contoh dan penerapannya.

Apa itu Difraksi Cahaya?

Difraksi cahaya adalah fenomena di mana cahaya melengkung atau mengalami pembelokan saat melewati sebuah penghalang atau celah sempit. Ini terjadi karena cahaya memiliki sifat gelombang dan dapat mengalami interferensi dan pembelokan saat melewati objek-objek kecil. Difraksi cahaya dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika cahaya melewati celah pada pintu pagar atau ketika cahaya melewati jendela dengan gorden tipis.

Dalam kasus difraksi cahaya oleh celah tunggal sempit, cahaya yang melewati celah akan mengalami pembelokan dan membentuk pola difraksi di belakang celah. Pola difraksi ini dapat diamati dengan menggunakan layar atau permukaan yang sensitif terhadap cahaya, seperti kertas fotografi atau film.

Rumus Pola Difraksi Cahaya oleh Celah Tunggal Sempit

Untuk menghitung pola difraksi cahaya oleh celah tunggal sempit, digunakan rumus berikut:

Bagikan:

Tags