Rumus Rangkaian RLC AC Seri

Kenji

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang rumus rangkaian RLC AC seri. Rangkaian RLC AC seri adalah salah satu jenis rangkaian listrik yang terdiri dari resistor (R), induktor (L), dan kapasitor (C) yang disusun secara seri. Rangkaian ini memiliki banyak aplikasi dalam dunia elektronika, seperti dalam filter frekuensi, resonansi, dan banyak lagi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi rumus-rumus dasar dan konsep-konsep yang terkait dengan rangkaian RLC AC seri. Mari kita mulai!

Pendahuluan

Rangkaian RLC AC seri adalah kombinasi dari tiga komponen dasar: resistor, induktor, dan kapasitor. Masing-masing komponen memiliki peran dan karakteristik yang berbeda dalam rangkaian ini. Resistansi (R) mengukur resistensi atau hambatan terhadap arus listrik. Induktansi (L) mengukur kemampuan induktor untuk menyimpan energi dalam medan magnetik. Kapasitansi (C) mengukur kemampuan kapasitor untuk menyimpan energi dalam medan elektrostatik. Ketika ketiga komponen ini disusun secara seri, kita mendapatkan rangkaian RLC AC seri.

Rumus Dasar Rangkaian RLC AC seri

Ada beberapa rumus dasar yang terkait dengan rangkaian RLC AC seri. Mari kita lihat satu per satu:

Impedansi Total (Z)

Impedansi total (Z) adalah total resistansi yang dihadapi oleh arus saat melewati rangkaian RLC AC seri. Impedansi total (Z) dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Bagikan:

Tags