Sejarah Lahirnya Pancasila

Kenji

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang memiliki arti “lima prinsip” dalam bahasa Sanskerta. Pancasila menjadi dasar bagi ideologi negara Indonesia, yakni Pancasilaisme. Pancasila dideklarasikan sebagai dasar negara pada tanggal 1 Juni 1945 oleh Soekarno dan Mohammad Hatta, yang saat itu menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Latar Belakang Sejarah

Pada tahun 1945, Indonesia berada dalam situasi yang genting, yakni akhir dari penjajahan Belanda dan ancaman pendudukan Jepang yang sedang berlangsung pada masa Perang Dunia II. Indonesia merasa perlu untuk menentukan ideologi negara yang akan menjadi dasar bagi negara yang baru merdeka.

Untuk itu, dibentuklah BPUPKI yang bertugas untuk menyusun konstitusi dan dasar negara Indonesia. BPUPKI terdiri dari berbagai tokoh nasionalis, agamis, dan golongan pemuda. Mereka memiliki tugas yang sangat penting dalam menyusun dasar negara yang akan mendasari Indonesia setelah merdeka.

Perumusan Pancasila

Proses perumusan Pancasila diawali dengan rapat-rapat BPUPKI yang dilaksanakan di Jakarta pada bulan Mei hingga Agustus 1945. Rapat-rapat tersebut berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan melibatkan banyak perdebatan dan diskusi. Tujuan dari rapat tersebut adalah untuk menyusun konstitusi dan dasar negara yang akan menjadi landasan bagi Indonesia yang baru merdeka.

Bagikan:

Tags