Sifat Grafik Fungsi Kuadrat y = ax^2 + bx + c

Kenji

Pendahuluan

Fungsi kuadrat merupakan salah satu jenis fungsi matematika yang sangat penting dan sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti matematika, fisika, dan ekonomi. Grafik fungsi kuadrat memiliki bentuk parabola, yang dapat memberikan informasi penting tentang karakteristik fungsi tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sifat-sifat dari grafik fungsi kuadrat dengan persamaan umum y = ax^2 + bx + c. Kita akan menggali lebih dalam tentang berbagai sifat grafik tersebut dan bagaimana kita dapat menginterpretasikan informasi yang diberikan oleh grafik tersebut.

1. Koefisien a, b, dan c

Sebelum kita mempelajari sifat grafik fungsi kuadrat, kita perlu memahami arti dari koefisien a, b, dan c dalam persamaan umum y = ax^2 + bx + c.

  • Koefisien a menentukan apakah parabola membuka ke atas atau ke bawah. Jika a > 0, parabola membuka ke atas, sedangkan jika a < 0, parabola membuka ke bawah.
  • Koefisien b mempengaruhi posisi parabola pada sumbu x. Jika b > 0, parabola cenderung berpindah ke kanan, sedangkan jika b < 0, parabola cenderung berpindah ke kiri.
  • Koefisien c menentukan posisi parabola pada sumbu y. Jika c > 0, parabola cenderung berpindah ke atas, sedangkan jika c < 0, parabola cenderung berpindah ke bawah.

Dengan pemahaman ini, kita dapat melanjutkan untuk mempelajari sifat-sifat grafik fungsi kuadrat yang lebih spesifik.

Bagikan:

Tags