Skala Peta Kontur dan Cara Menghitung Ketinggian Daerah

Kenji

Peta kontur adalah salah satu jenis peta yang digunakan untuk memvisualisasikan ketinggian permukaan bumi. Dengan menggunakan peta kontur, kita dapat melihat perbedaan ketinggian daerah tertentu, seperti pegunungan, lembah, atau dataran rendah. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai skala peta kontur dan cara menghitung ketinggian daerah dengan menggunakan peta kontur.

Apa itu Skala Peta Kontur?

Skala peta kontur mengacu pada perbandingan antara jarak horizontal di peta dengan perubahan ketinggian vertikal yang sesungguhnya di lapangan. Skala ini digunakan untuk mengukur dan menggambarkan perbedaan ketinggian di suatu daerah dengan menggunakan garis kontur yang terdapat pada peta.

Garis kontur adalah garis yang menghubungkan titik-titik dengan ketinggian yang sama di suatu daerah. Garis kontur umumnya dibuat dengan interval tertentu, misalnya setiap 10 meter atau setiap 50 meter. Dengan menggunakan garis kontur, kita dapat melihat bagaimana permukaan bumi berubah secara vertikal di suatu daerah.

Penggunaan Skala Peta Kontur

Peta kontur digunakan dalam berbagai bidang, termasuk geologi, topografi, dan pemetaan. Beberapa penggunaan penting dari peta kontur antara lain:

Bagikan:

Tags